Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Biografi - Imam Ibnu Hajib 646 H

Ar-Rasyiid -Bernama lengkap Abu Amru Utsman bin Umar bin Abi Bakar bin Yunus. Lahir di kota Isna, di dataran tinggi Mesir. Para ahli sejarah sedikit berbeda pendapat tentang tahun kelahiran nya. ada yang mengatakan bahwa beliau lahir pada tahun 570 H, dan ada pula yang mengatakan bahwa beliau lahir pada tahun 571 H. Tetapi yang paling masyhur, beliau ahirkan pada tahun 570 H. Seperti yang disebutkan oleh Ibnu Khulkan dan yang lainnya. Karena Ibnu Khulkan adalah orang yang hidup satu zaman dengan beliau, dan telah beberapa kali menyambut (Ibnu Hajib) setelah kepulangannya dari Syam ke Kairo.


Imam Ibnu Hajib mempunyai kepribadian yang sangat baik dan memiliki akhlak yang tinggi. Ibnu Khulkan mengatakan bahwa Ibnu Hajib adalah orang yang unggul dalam keilmuan. Ibnu Abi Syamah berpendapat bahwa Imam Ibnu Hajib merupakan salah satu pilar dari sekian banyak pilar pilar agama, keilmuan, dan pengalaman.

Baca Juga : Biografi - Syaikh Yaqut Al-'Arsyi

Beliau adalah orang yang tsiqoh, selalu rendah hati, berbudi luhur. pemalu, bijaksana, dan mencintai ilmu serta keluarganya. Sosok yang menyebarkan ilmunya, kuat mengemban ujian, dan sabar atas musibah yang menimpanya. Bahkan beliau pernah masuk penjara bersama Syekh Izzudin Dari perkataan yang disampaikan Ibnu Abi Syammah dan Ibnu Khulkan. cukuplah bagi kita untuk mengenal kepribadian sosok Imam Ibnu Hajib.


Ibnu Abi Syamah pernah berkata tentang hari wafatnya Ibnu Hajib di Iskandariyah, yang mana hal ini merupakan berita buruk untuk semia Terdapat beberapa perbedaan pendapat tentang bulan wafatnya. Menurut Abu Syammah, beliau mendapat kabar bahwa Imam Ibnu Hajib wafat di Iskandariyah pada bulan Sya'ban. Menurut Ibnu Khulkan, beliau mendapat kabar bahwa Imam Ibnu Hajib wafat di Iskandariyah pada siang hari di antara tanggal 25 atau 26 pada bulan Syawal pada tahun 646 Hijriyqh namun akhirnya, beliau semua sepakat bahwa imam Ibnu hajib wafat pada tahun 646 Hijriyah dan dikuburkan di iskandariyah.

Post a Comment for "Biografi - Imam Ibnu Hajib 646 H"