Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Goal Setting & Life Purpose

 Goal Setting & Life Purpose

Setiap seseorang pasti mempunyai hal-hal yang ingin dicapai dalam hidupnya, masing-masing seseorang mempunyai tujuan yang berbeda dalam menentukan arah atau pun langkah dalam hidupnya. Memiliki goals dalam hidup menjadikan acuan yang akan mengarahkan dan menuntut langkah anda. Apakah sekarang anda tau dan mengerti apa yang di maksud dengan goal setting & life purpose?

Yukk kita bahas penjelasan mengenai goal setting & life purpose.

Goal Setting

Menurut seorang ilmuwan bernama Edwin Locke dalam Winardi, 2001, goal setting adalah apa yang Anda upayakan untuk dicapai dalam hidup. Goal setting menjadi obyek dan tujuan dari setiap kegiatan yang Anda lakukan sehari-hari, misalnya Anda punya tujuan karir tertentu yang ingin Anda capai.

Setiap orang memiliki cara menentukan target hidup yang berbeda satu dengan lainnya. Perbedaan ini terjadi karena masing-masing memiliki mimpi dan cita-cita sendiri untuk masa depan. Meski berbeda, cara merencanakan tujuan atau goals bisa menggunakan cara yang sama.

Kunci Mewujudkan Target dan Impian

1. Konsisten

2. Lakukan dengan semangat

3. Mempunyai motivasi yang tinggi untuk mewujudkan itu semua

Life Purpose

Purpose of life atau biasa dikenal dengan menentukan tujuan hidup. Menentukan suatu tujuan akan memudahkkan anda untuk mengetahui dimana harus berjuang, kemana tenaga dan pikiran diarahkan yang pada akhirnya supaya hidup lebih terasa memiliki arti dan memiliki produktivitas yang terukur dengan jelas. Tujuan hidup akan membuat anda lebih fokus dan semuanya itu akan menimbulkan rasa percaya diri dan juga motivasi. Beberapa hal yang diperhatikan untuk menentukan tujuan hidup, antara lain :

Memahami hal yang diinginkan:

Merenungkan apa yang sebenarnya diinginkan dengan mengambil waktu untuk merenung tentang apa yang benar – benar anda inginkan dalam hidup ini. Ingin membahagiakan keluarga, menyelamatkan bumi dari bahaya global warming atau menginginkan kebebasan finansial. Buatlah beberapa daftar dan menentukan skala prioritas.

Memahami hal yang membuat gelisah dalam hidup

Memahami situasi yang membuat anda gelisah, seperti kondisi kesehatan yang buruk, lingkungan tempat tinggal yang tidak nyaman atau pekerjaan yang membosankan. Dari beberapa kegelisahan tersebut, jangan sampai anda menyerah dan pasrah mungkin akan menemukan hal-hal yang bisa dilakukan untuk memperbaiki keadaan tersebut.


Terima kasih.

Post a Comment for "Goal Setting & Life Purpose"