Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

COMMUNICATION SKILL, PUBLIC SPEAKING, DAN PRESENTATION SKILL


Communication Skill

Communication Skill atau keterampilan komunikasi Menurut Nevizond Chatab (2007: 29), merupakan kemampuan mengadakan hubungan lewat saluran komunikasi ma Communication Skills, Public Speaking, dan Presentation Skill nusia atau media, sehingga pesan atau informasinya dapat dipahami dengan baik dan benar.

Keterampilan komunikasi bukan merupakan kemampuan yang dibawa sejak lahir dan tidak muncul secara tiba-tiba, keterampilan perlu dipelajari dan dilatih (Supratiknya, 2003: 12).

Keterampilan komunikasi ada tiga macam, yaitu:

  1. Keterampilan komunikasi lisan, (oral communication skill) merupakan kemampuan seseorang dalam berkomunikasi melalui berbicara dan umpan balik (feedback) dapat diberikan secara langsung. Keterampilan komunikasi lisan meliputi kemampuan dalam wawancara kerja, seminar, pidato formal dan presentasi (Djoko Purwanto, 2006: 77).
  2. Keterampilan komunikasi tulisan, (written communication skill) merupakan kemampuan seseorang membuat pesan -pesan secara tertulis dalam berbagai macam bentuk, seperti memo, surat, proposal, dan laporan.
  3. Keterampilan komunikasi visual, Keterampilan komunikasi visual menurut Rakhmat Supriyono (2010: 9) merupakan kemampuan seseorang dalam mengkomunikasikan pesan atau informasi dengan pembaca dengan berbagai kekuatan visual, seperti tipografi, ilustrasi, warna, garis, dan lain sebagainya dengan bantuan teknologi.
Public Speaking
Secara umum public speaking adalah sebuah seni berkomunikasi yang dilakukan secara lisan yang dilakukan secara langsung di muka umum atau di hadapan sekelompok orang untuk menyampaikan ide, gagasan, pesan dan pendapat yang bertujuan menginformasikan dan mempengaruhi dan sebagainya. 

Presentation Skill
Presentation skill atau Keterampilan presentasi adalah kemampuan yang dibutuhkan seseorang untuk menyampaikan presentasi yang menarik, menarik, informatif, transformatif, mendidik, mencerahkan, dan/atau instruktif. Pusat keterampilan presentasi yang efektif adalah public speaking atau berbicara di depan umum, nada suara, dan gaya bahasa.

Sekian terima kasih.

Post a Comment for "COMMUNICATION SKILL, PUBLIC SPEAKING, DAN PRESENTATION SKILL"