Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Leadership Skill Negotiation Skill dan Relationship Building

Leadership skill adalah kemampuan seseorang untuk menginspirasi orang lain agar mau bertindak sesuai rencana demi mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Seseorang dengan jabatan tinggi dan memiliki banyak pengikut hendaknya telah menguasai leadership skill dengan baik. Pada kenyataannya, banyak yang tidak mempunyai kapasitas tersebut namun tetap dipercaya menjadi seorang pemimpin.

Dalam leadership skill juga ada kemampuan lain yang harus dimiliki, yaitu Negotiation skill dan Relationship skill. 

pada artikel ini kita akan membahas apa itu Negotiation Skill dan Relationship Building.

Negotiation skill atau kemampuan negosiasi adalah kualitas bawaan yang membantu dua pihak atau lebih menyetujui solusi logis bersama. Di tempat kerja, mungkin perlu menunjukkan keterampilan negosiasi Anda dalam berbagai situasi, seperti:

 

 1. Setelah promosi, negosiasikan kenaikan gaji dengan manajer SDM  

 

 2. Setujui tenggat waktu proyek dengan pemimpin tim atau penyelia Anda

 

 3. Atur beberapa hari libur untuk liburan keluarga dengan penyelia Anda

 

 4. Negosiasikan persyaratan kontrak dengan klien potensial

 

Kurangnya keterampilan negosiasi memengaruhi keuntungan bisnis dan dapat merusak hubungan pelanggan. Keterampilan negosiasi adalah keterampilan lunak dan penting sebagai negosiator dan dalam menyelesaikan konflik kerja. 

Namun, kompetensi ini tergantung pada lingkungan kerja, para pihak dan hasil yang diinginkan. Seringkali, ketika satu pihak ingin berkompromi, pihak lain mungkin menolak. Hal ini membuat negosiasi menjadi sulit dan kemungkinan besar Anda akan menghadapi situasi ini di tempat kerja. Itu sebabnya Anda perlu menguasai keterampilan negosiasi Anda.

selain itu ada beberapa manfaat dari kemampuan negoisasi, antara lain:

1. Membangun Hubungan: Terlepas dari perbedaan pendapat, keterampilan negosiasi membantu menemukan solusi dan lebih fokus pada penciptaan niat baik dan nilai. Ini menciptakan hubungan jangka panjang.  

2. Memberikan solusi yang sangat baik: Keterampilan negosiasi yang baik memastikan bahwa solusi konflik tidak berumur pendek. Ini berfokus pada menciptakan solusi jangka panjang, karena kedua belah pihak hanya akan membuat konsesi jika solusinya memuaskan.  

3. Menghindari konflik di masa depan: Karena kedua belah pihak setuju untuk solusi bersama, kemungkinan konflik di masa depan sangat berkurang. Ciptakan lingkungan untuk kesuksesan bisnis: Keterampilan negosiasi yang baik memastikan pencapaian tujuan bisnis, yang menciptakan lingkungan untuk kesuksesan bisnis. Ini juga meningkatkan kemungkinan kesepakatan di masa depan. 

Lalu, apa itu Relationship Skill itu? 

Keterampilan hubungan adalah kombinasi keterampilan lunak yang digunakan seseorang untuk terhubung dengan orang lain dan membangun hubungan yang positif. Di tempat kerja, keterampilan interpersonal penting untuk bergaul dengan rekan kerja, berpartisipasi sebagai tim, dan membangun pemahaman antara diri sendiri dan orang lain. 

kita dapat meningkatkan kemampuan membangun hubungan ini dengan cara:

1. Kembangkan keterampilan komunikasi yang efektif

Salah satu soft skill terpenting dalam membangun hubungan kerja yang sukses adalah komunikasi. Dengan mengembangkan keterampilan komunikasi yang efektif, Anda dapat secara positif memengaruhi cara Anda berinteraksi dengan orang lain. Anda dapat berlatih mendengarkan secara aktif dan menafsirkan komunikasi non-verbal seperti bahasa tubuh, dan Anda dapat mengembangkan keterampilan komunikasi Anda dengan mencari peluang untuk berpartisipasi dalam percakapan atau berpartisipasi dalam rapat tim.

2. Latih empati

Faktor kunci lain dalam hubungan bisnis yang sukses adalah empati. Saat Anda menunjukkan empati kepada kolega Anda, Anda menunjukkan kepada mereka bahwa Anda peduli, memahami perasaan dan pendapat mereka, serta menghargai gagasan dan perasaan orang lain. Mempraktikkan empati dapat membantu Anda secara positif memengaruhi cara Anda berinteraksi dengan rekan satu tim dan rekan kerja. 

3. Kembangkan kecerdasan emosional Anda

Mengembangkan kecerdasan emosional adalah cara lain yang efektif untuk menciptakan hubungan kerja yang positif. Anda dapat mengembangkan kecerdasan emosional Anda dengan melatih empati, belajar memahami emosi rekan satu tim Anda, dan memperhatikan dinamika tempat kerja Anda. Ini dapat membantu meningkatkan kesadaran emosional Anda terhadap perasaan Anda sendiri dan rekan kerja Anda.  

Post a Comment for "Leadership Skill Negotiation Skill dan Relationship Building"